Taklukkan Rusia 2-1, Slovakia Buka Peluang ke 16 Besar

By Admin

nusakini.com--Slovakia membuka peluang ke 16 besar Piala Eropa 2016 setelah menekuk Rusia 2-1 di Stade Pierre Mauroy, Lille, Prancis, Rabu (15/6).

Di babak pertama, Slovakia lebih dulu unggul 2-0. Gol pembuka di pertandingan ini disumbangkan oleh Vladimir Weiss. Pemain sayap lincah tersebut terlebih dulu mengecoh dua bek Rusia. Kemudian dia mengakhiri aksinya dengan tendangan terukur ke pojok kiri gawang yang dijaga Igor Akinfeev.

Di menit ke-45, gawang Rusia kembali mampu dibobol oleh Slovakia. Kali ini giliran Marek Hamsik yang melepaskan tendangan fantastis dari sudut sempit. Sebelum masuk ke dalam gawang, bola lebih dulu mengenai mistar gawang.

Rusia sendiri bukannya tanpa peluang di babak pertama. Skuad asuhan Leonid Slutsky yang mendominasi permainan memiliki tiga peluang yang membahayakan gawang lawan. Namun sayangnya mereka tak mampu mengkonversinya menjadi gol.

Memasuki babak kedua, pola permainan tak banyak berubah. Rusia yang mendominasi jalannya pertandingan masih lemah dalam menyelesaikan peluang di depan gawang lawan. Sedangkan Slovakia masih menebar ancaman melalui serangan balik cepatnya.

Di menit ke-80, upaya Rusia akhirnya mendapat hasil. Sundulan Denis Glushakov bersarang di dalam gawang Slovakia yang dijaga Matus Kozacik.

Usai memperkecil ketertinggalan, Rusia semakin menggila. Mereka terus mengurung pertahanan Slovakia di menit-menit terakhir pertandingan. Namun sayang, upaya tersebut menemui jalan buntu, karena tim lawan menggalang pertahanan dengan baik.

Kemenangan ini membawa tim besutan Jan Kozak bercokol di peringkat kedua klasemen sementara Grup B dengan raihan tiga poin. Mereka kembali mendapatkan asa, setelah di pertandingan pertama kalah 1-2 dari Wales. (v/ab)

Susunan Pemain

Rusia: Igor Akinfeev; Igor Smolnikov, Sergei Ignashevich, Georgi Schennikov, Vasili Berezutski; Roman Neustadter (Denis Glushakov 46‘), Aleksandr Golovin (Pavel Mamaev 46'), Oleg Shatov; Fedor Smolov, Aleksandr Kokorin (Roman Shirokov 75’), Artem Dzyuba

Slovakia: Matus Kozacik; Peter Pekarik, Martin Skrtel, Jan Durica, Tomas Huboca; Juraj Kucka, Viktor Pecovsky, Marek Hamsik; Robert Mak (Michal Duris 80’), Vladimir Weiss (Dusan Svento 71’), Ondrej Duda (Adam Nemec 67’)